Sunday, October 26, 2014

Fungsi dan Arti Manajemen

Pada hakekatnya, manajemen merupakan sebuah unsur yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh manusia. Manajemen adalah proses pembentukan aturan atau kendali terhadap jalanya suatu organisasi bahkan perusahaan. Dengan kata lain, manajemen layaknya sebuah sangkar yang memberi batasan ruang gerak bagi kehidupan didalamnya, agar tidak terjadi perselisihan yang nantinya dapat menghambat tujuan bersama.

Sebagai contoh. Dalam sebuah perusahaan periklanan, setiap tim kreatif memiliki imajinasi masing-masing dalam menciptakan konsep iklan yang menurut mereka menarik. Namun hal itu tidak akan bermanfaat bagi perusahaan jika mereka bekerja sendiri tanpa ada ikatan yang mengatur cara kerja yang sesuai dengan keinginan bersama. Disinilah fungsi manajemen dimainkan, sebagai penyatu pemikiran dengan membentuk aturan aturan tertentu yang wajib dipatuhi.

Manajemen merupakan tongkat yang dapat menentukan seberapa kuat perusahaan itu berdiri. Jika tongkat tersebut kuat, maka sebuah perusahaan akan menjadi kuat, dan demikian sebaliknya. Meski memiliki peran yang sangat penting, manajemen tetap perlu adanya sarana atau alat yang digunakan untuk menjalankanya. Terdapat beberapa unsur yang dapat menunjang fungsi manajemen agar berjalan dengan baik, atau lebih dikenal dengan istilah 6M.
  1. Men ( manusia), hal ini merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki. Karena manusia merupakan faktor terpenting dalam tujuan dan mencapai tujuan bersama.
  2. Money (uang), ini juga bagian dari unsur utama yang tidak dapat diabaikan, karena uang menjadi tolak ukur seberapa besar nilai suatu perusahaan.
  3. Materials merupakan sebuah wujud benda yang digunakan dalam proses pencapaian tujuan.
  4. Machines (mesin) hampir sama dengan materials, namun mesin lebih memberi kemudahan dalam segala hal, mampu bekerja maksimal melebihi kekuatan manusia, dan manusia hanya bertugas mengendalikanya.
  5. Method dan Markets. Dua jenis ini juga sangat penting dalam sebuah perusahaan, terlebih markets (pasar), tanpa adanya pasar, perusahaan tidak akan berfungsi selayaknya sebuah perusahaan pada umumnya. Karena pasar merupakan suatu tempat bagi perusahaan untuk menyebarluaskan produknya.
Dengan demikian, terlihat jelas jika semua unsur dalam manajemen harus saling melengkapi. Dijadikan menjadi satu kesatuan yang dapat digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan bersama.

Selain enam unsur yang dapat menunjang jalanya manajemen, berikut terdapat lima fungsi pokok dalam manajemen, yaitu Merancang, Mengorganisir, Memerintah, Mengkoordinasi, dan Mengendalikan. Namun dalam perkembanganya, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi,
  1. Perencana (Planing). Pemikiran tentang apa yang akan dikerjakan dengan sumber daya yang telah diiliki.
  2. Pengorganisasian (organizing). Sebuah pembagian tugas dari struktur yang besar dijadikan menjadi lebih kecil, agar mudah dalam melakukan pengawasan.
  3. Pengarahan (directing). Sebuah tindakan yang mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.





Pujo,,

No comments:

Post a Comment